Monday, February 10, 2014

Perawatan Burung Kenari Ngurak

Burung Kenari yang mengalami pergantian bulu atau  ngurak pada saat pergantian musim maupun diwaktu bulu-bulu sudah mulai menua harus dirawat dengan intensif, karena perawatan yang baik saat burung kenari ngurak akan berpengaruh pada ocehannya setelah melalui masa ngurak dengan berhasil. Bahkan ada kenari mania yang mengatakan bila sukses ngebrol saat ngurak dapat dipastikan burung akan semakin gacor setelah ngurak.

Perawatan burung kenari ngurak hampir tidak jauh beda dengan Merawat Kenari Moulting, maupun perawatan burung lain yang melalui masa pergantian bulu juga. Meski demikian tetap saja ada perbedaan karena burung kenari adalah burung pemakan biji-bijian, buah yang manis dan sayuran segar, sedangkan burung lain mungkin adalah pemakan serangga sehingga penambahan EF-nya tentu saja berbeda.

Tingkatkan EF
EF (ekstra fooding) untuk burung kenari yang sedang ngurak sebaiknya ditingkatkan agar nilai gizi dan vitamin yang diterima burung menjadi lebih maksimal dan cukup untuk mendorong pertumbuhan bulu-bulu baru yang lebih halus dan lebih mengkilap. adapun jenis EF yang bisa ditambahkan adalah Telur puyuh separuh porsi setiap hari, sayuran segar/buar segar, Cede kenari yang bisa di beli di pasar burung.

Burung Full Kedorong
Selama masa ngurak, sebaiknya burung kenari selalu dikerodong, kecuali untuk dibersihkan sangkarnya dan diberi makan saja burung dibuka kerodongnya. Full kerodong siang dan malam akan memaksimalka burung dalam merontokkan bulu, karena burung merasa nyaman dan aman di dalam sangkar yang tercukupi makanannya.

Jauhkan dari betina
Burung kenari jantan yang sedang ngurak sebaiknya dijauhkan dari kenari betina, karena burung yang didekatkan kenari betina akan menaikkan b'rahi sehingga akan mengganggu metabolisme tubuh burung yang sedang ngurak tadi.

Saatnya memaster
Karena burung yang ngurak selalu dikerodong sehingga burung akan lebih tenang di dalam sangkar,  inilah waktu yang tepat untuk mengajarkan burung dengan suara-suara yang kita kehendaki yang biasa disebut dengan di master. Adapun jenis masteran yang baik adalah yang cocok dengan karakter suara kenari seperti : Blackthroat, prenjak, manyar, ciblek, mozambik dll.

Menurut pengalaman saya, burung kenari ngurak tetap boleh dimandikan namun cukulplah semingu sekali namun jangan dijemur di matahari yang terlalu terik karena akan merusak bulu yang masih muda.


0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2010 info burung. All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates l Home Recordings l Studio Rekaman