Monday, February 24, 2014

Cara Menjinakkan Burung Cendet Bakalan

Kissawa Bird Community | Burung Cendet Bakalan yang masih liar akan bertingkah giras bahkan ada yang nabrak jeruji sangkar sehingga akan bundas bagian atas paruhnya, untuk menangani hal ini kita butuh Cara Menjinakkan agar burung cendet bakalan menjadi lebih jinak dan tak takut manusia, atau paling tidak jinak-jinak lalat. Karena bila terlalu jinak pun burung Cendet kurang bagus tingkahnya.

Meskipun para master cendet sudah banyak yang berbagi tips Cara Merawat Burung Cendet Biar Gacor dan Cara Merawat Cendet Bakalan, kali ini saya ingin berbagi tulisan berdasarkan pengalaman saya memelihara burung yang giras karena beli dari pasar burung.

Inti dari merawat burung bakalan liar adalah Sabar, sedangkan cara lain silahkan dibaca catatan saya dibawah ini :
  • Karena masih liar dan bertingkah giras, agar burung tidak terluka maka sangkar lebih baik ditutupi bagian belakang, samping dan atasnya sehingga praktis hanya terbuka bagian depannya atau pintu.
  • Setelah makan voer atau belum makan voer, Menjinakkan burung liar sudah boleh dilakukan.
  • Setiap pagi sekitar pukul 7 burung dimandikan, dan jangan buru-buru diberi makan, tapi jemur dulu sampai bulunya agak kering.
  • Kemudian biarkan burung tampak lapar barulah diberi Jangkrik dengan lidi.
  • Kalau sudah mau makan pakai lidi dalam beberapa hari, barulah dicoba dengan memberi makan pakai tangan. sesekali dimainkan : kalau burung sudah mendekat jangan langsung diberikan, ulangi beberapa kali.
  • Biasakan memberi makan terjadwal, umpama sehari dua kali maka terapkanlah diwaktu  yang sama.
  • Dengan memberikan terapi lapar dan menyuapi pakai jangkrik terbukti  burung cendet akan jinak dalam waktu paling tidak 7 hari.

Itulah catatan saya dalam memelihara burung cendet yang masih bakalan liar atau burung yang baru dibeli di pasar burung. semoga bermanfaat untuk rekan-rekan sekalian.

Salam Cendet Mania







0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2010 info burung. All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates l Home Recordings l Studio Rekaman