Saturday, February 1, 2014

Manfaat Pengembunan Burung

Pengembunan atau menggantang burung di tempat terbuka yang langsung menghadap ke langit sangat baik untuk kesehatan burung. Seperti apa cara pengembunan dan apa filosofinya sehingga pengembunan baik untuk kesehatan burung dan membuat burung lebih rajin berkicau? Berikut ini saya ingin berbagi catatan tentang pernyataan diatas.

Cara Pengembunan 
Sebelum matahari terbit atau disekitar fajar burung dikeluarkan dari rumah, bukan diteras. biasanya saya lakukan sekitar subuh, kadang sebelum subuh bahkan kadang setelah subuh. Adapun pengembunan ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang seperti di alam bebas, dimana burung akan terbangun sebelum matahari terbit untuk menikmati udara segar di fajar hari.

Setelah di embunkan dan matahari telah naik satu jengkal burung di ambil dan di mandikan sampai puas sekitar pukul 7 pagi, kemudian burung di jemur kembali dan diberi makan dan minum yang baru dan bersih. Selain itu juga diberi EF agar burung mendapat stamina yang prima.

Mengembunkan burung memiliki tujuan  yang baik untuk menyehatkan burung, bulu yang sehat dan mengkilap, suara yang nyaring karena mendapatkan udara yang segar sebelum kena polusi. apalagi daerah perkotaan setiap aktivitas manusia dimulai polusi akan terus mendera.

Terbukti dengan mengembunkan burung secara rutin, seperti burung Pleci, Prenjak, Cucak Ijo, Kacer, Cendet, Murai, Kenari dan berbagai burung berkicau lainnya, burung akan lebih sehat dan rajin berkicau, bahkan burung pleci untuk terapi ada yang digantang dari malam hari sampai pagi ditempat yang terbuka.

Itulah manfaat pengembunan burung, karena fakta di pagi hari udara pagi dan sinar matahari pagi menurut pakar kesehatan sangat baik untuk kesehatan, baik itu kesehatan tulang, kesehatan kulit maupun kesehatan paru - paru.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2010 info burung. All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates l Home Recordings l Studio Rekaman