Thursday, February 6, 2014

Kapan Waktu Ngurak Burung Kenari | Prenjak | Burger | Cendet | Lovebird

Ngurak atau moulting adalah siklus alami hewan unggas termasuk burung berkicau, lalu kapan waktu ngurak atau moulting itu terjadi? berdasarkan pengalaman saya mengamati proses pergantian bulu yang terkadang menghabiskan waktu berbulan-bulan itu, burung akan mengalami ganti bulu bila bulu telah kusam dan di tandai banyaknya bulu yang pecah dan patah. Sehingga bila anda mendapati bulu-bulu burung yang telah kusam dan burung mulai tidak berkicau bisa jadi itu adalah pertanda burung akan mengalami ganti bulu.

Waktu atau musim pergantian bulu biasanya juga bersamaan dengan pergantian musim, baik itu musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya. Seperti yang saya alami dalam 2 bulan ini beberapa burung kesayangan sedang ganti bulu sperti Burung Cendet si Somad, Burung Lovebird, Burung Prenjak Alang-Alang dan Burung Kenari.

Pergantian bulu adalah proses yang melelahkan bagi burung, dimana burung membutuhkan tempat yang aman dari ancaman, nyaman lingkungannya dan terjamin makanannya, sehingga perawatan burung selama  masa mabung sangat penting sehingga setelah lepas mabung burung akan kembali pada performancenya. kegagalan melalui masa mabung bisa membuat burung menjadi rusak, rusak dalam hal ini bisa dikategorikan kerusakan pada bulu yang tak bisa tumbuh maksimal maupun macet bunyi setelah ngurak.

Habisnya musim hujan di tahun 2014 ini beberapa burung kesayangan banyak yang ngurak, burung pun dengan rela melepaskan bulu-bulu sehingga tidak akan mengalami kedinginan karena cuaca sudah mulai panas. Apalagi burung di rawat dengan Full Kerodong maka proses pergantian bulu bakal lebih cepat.

Secara umum saat memasuki masa ganti bulu, burung harus diberikan EF yang cukup agar kebutuhan nutrisi burung terjamin sehingga proses rontok dan proses dorong burung bakal lebih cepat. Meski demikian dapat juga dirawat seperti rawatan harian, yang tidak boleh dan tidak baik adalah menurunkan jumlah pakan sehingga kebutuhan pakan hingga minim, hal ini bakal mengakibatkan kegagalan melalui masa moulting.

Dalam catatan kami terdahulu telah menyampaikan model Perawatan Burung Kenari Masa Mabung, sedangkan untuk burung lainnya akan saya sampaikan di artikel berikutnya. 
bila di daerah masih turun hujan, mungkin anda bisa mempertimbangkan artikel kami tentang Perawatan Burung di Musim Hujan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan rekan-rekan semakin betah berada di Kissawa Bird Lover Community.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2010 info burung. All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates l Home Recordings l Studio Rekaman