Tuesday, February 11, 2014

Manfaat Penjemuran Bagi Burung

Sebagaimana telah kita pahami bersama bila sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan dan meningkatkan metabolisme tubuh, mendapatkan vitamin D pro yang baik sehingga tubuh menjadi sehat baik itu bagi manusia, tumbuhan juga hewan. Penjemuran di pagi hari hingga pukul 10 di yakini sangat baik untuk menyegarkan badan, menguatkan tulang, sedangkan pada burung dapat menaikkan b'rahi sehingga burung akan lebih rajin berkicau.

Selain penjemuran yang baik, ternyata Pengembunan juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi hewan peliharaan, untuk itu kombinasi dua perawatan ini sangat tepat untuk membuat burung menjadi lebih rajin berkicau. Pengembunan yang tepat dan penjemuran yang cukup akan membuat burung lebih sehat, bulu yang cerah dan pada akhirnya burung akan lebih rajin berkicau.

Penjemuran yang berlebihan pada burung di yakini akan mengakibatkan burung menjadi OB (over b'rahi), untuk itu saya lebih menyarankan penjemuran hanya dilakukan dalam durasi yang cukup dan tepat saja, nilai kecukupan itu dapat dilihat dari kemampuan burung itu sendiri, bila burung sudah tampak membuka paruh dan megap-megap menandakan burung sudah cukup kepanasan.

Burung yang kerap mendapatkan sinar matahari pagi akan lebih sehat dibandingkan burung yang setiap waktu hanya di dalam rumah, karena penjemuran yang cukup juga akan bisa mengusir kutu yang suka bersarang di dalam lipatan bulu, perhatikanlah burung yang dijemur akan suka membentangkan sayapnya atau mengembangkan bulunya agar cahaya bisa menembus pori-pori kulit.

Terkait manfaat penjemuran yang baik bagi burung, inilah fakta tentang sinar matahari :
  1. Sinar matahari pada pagi hari mengandung infra merah yang bermanfaat untuk pembentukan hormon testosteon bagi burung jantan, serta hormon estrogen dan progesteron pada burung betina. Ketiga hormon ini memegang kendali penting terhadap rangsangan birahi (juga organ reproduksi) yang membuat burung menjadi lebih rajin berkicau.
  2. Sinar matahari pagi juga banyak mengandung ultraviolet yang bisa mengekstrak pro-vitamin D yang ada di dalam tubuh burung menjadi vitamin D3 yang sangat bermanfaat dan berpengaruh terhadap struktur tulang, daya tahan, dan beberapa organ penting lainnya.
  3. Sinar matahari pagi bisa mengoptimalkan metabolisme dalam tubuh burung, sehingga proses penyerapan sari makanan dan pendistribusian sari makanan pun menjadi lebih tepat dan lebih efisien.
  4. Sinar matahari pagi bisa membunuh hampir 85% virus penyebab penyakit pada burung.
  5. Sinar matahari pagi hari juga bisa membunuh bibit jamur maupun jamur yang bersarang di lantai sangkar, jeruji, ataupun ornamen sangkar lainnya.
  6. Sinar matahari pagi sangat bermanfaat dalam melepaskan kutu-kutu yang menempel pada permukaan kulit dan bulu-bulu burung.
  7. Sinar matahari pagi merupakan kebutuhan dasar biologis bagi burung. Jadi, penjemuran juga memiliki dampak yang besar terhadap perkembangan psikologis burung. Semua burung pasti akan merasa senang jika dijemur setiap hari, terlebih pada pagi hari sewaktu matahari baru terbit.

Ada baiknya sebelum di jemur, burung dimandikan hingga puas agar burung bisa lebih bertahan lama dalam penjemuran, adapun waktu yang baik untuk penjemuran dapat dilakukan di pagi hari atau sore hari tergantung kelonggaran waktu anda.

Itulah manfaat penjemuran bagi burung yang dapat saya jabarkan di blog KM Kissawa ini semoga bermanfaat untuk rekan rekan sekalian.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2010 info burung. All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates l Home Recordings l Studio Rekaman