Monday, April 28, 2014

Merawat Tledekan Bakalan Muda Hutan

Burung Tledekan merupakan salah satu burung yang saya gemari dan masih banyak lagi orang lain yang juga menyukai Kicauan Burung Tledekan, sayangnya burung yang bertipe petarung ini masih jarang yang melakukan penangkaran, sehingga para pecinta tledekan harus memelihara burung dari bakalan muda hutan. Harapannya tentu ada dua kemungkinan, yaitu bakalan hidup dan akan menjadi gacoan yang bagus, atau bakalan mati karena gak mau dirawat.


Untuk hobbies pemula, kali ini saya ingin menitipkan sepatah dua patah kata tentang Cara Merawat Tledekan Bakalan Muda Hutan yang baru dibeli dari pasar, mengapa dari pasar? karena hampir tidak mungkin anda menangkap sendiri burung ini di hutan, bila anda tidak berada di habitatnya. Pelajari lebih jauh tentang Habitat Tledekan seperti yang pernah saya posting jauh-jauh hari.

Beberapa Skedul Merawat Tledekan Bakalan Muda Hutan antara lain :
  • Burung yang baru didapat sebaiknya segera dimasukkan Sangkar Tledekan dengan ukuran dan  model yang pernah saya berikan contoh disana.
  • Kemudian sediakan minuman yang bersih, sebaiknya adalah air matang yang telah direbus tapi bukan air mendidih (jadi air yang telah direbus di dinginkan dulu), atau berikan saja air mineral lebih mudah.
  • Berikan makanan yang mudah dimakan dan menarik baginya, yaitu Ulat Kandang. pemberian UK ini sebaiknya terus dilakukan, bersamaan dengan burung dilatih mau makan voer.
  • Setiap hari beri UK sebanyak 1 sendok yang dicampur Voer.
  • Agar burung Tledekan lekas makan voer sebaiknya diberi kroto yang dicampur voer basah dan diaduk sampai rata (lakukan ini dalam beberapa hari). Adonan ini sebaiknya setiap sore (jam 3 sore) diganti atau dibuang dan makanan diganti dengan UK. karena voer basah akan menjadi basi dan berjamur bila dibiarkan sampai menginap.
  • Setelah satu minggu dalam rawatan anda, barulan burung bakalan itu dimandikan dipagi hari, diberi makan, sangkar dibersihkan dan dijemur sebentar (sekitar 1 jam).
  • Untuk burung rumahan, disiang hari tak perlu dikerodong-biarkan burung berkicau, sedangkan burung lomba perlu untuk dikerodong agar beristirahat dan di masteri.
  • Sore hari, sekitar pukul 4 sore burung dipantau dan dirawat lagi, yaitu dimandikan dan diberi makan lagi, berupa UK maupun jangkrik kecil 2 ekor.
  • Di malam  hari sebaiknya burung dikerodong agar bisa beristirahat dengan tenang, dan bisa dimasteri dengan suara-suara masteran.

Itulah Skedul Merawat Tledekan dalam sehari, sedangkan rawatan lainnya setelah burung jinak dan mau makan voer bisa dirubah model rawatannya dengan model lain sesuai karakter burung. Agar burung memiliki kicauan yang bagus, pemasteran atau mengajari burung dengan kicauan burung lain merupakan syarat mutlak yang harus dilakukan. 

Dengan cara diatas, sekarang burung bakalan muda hutan anda telah menjadi burung rumahan, agar lebih cepat jinak, sebaiknya disiang hari burung digantung di dekat lalu lalang orang, kemampuan adaptasi burung tledekan sangat bagus sehingga burung akan lebih cepat jinak.

Original post by Kissawa


0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2010 info burung. All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates l Home Recordings l Studio Rekaman