Friday, May 9, 2014

Cara Menyimpan Ulat Kandang (UK) Untuk Prenjak

Ketersediaan pakan merupakan syarat agar burung prenjak bisa terus hidup dan berkicau, karena meskipun telah mau makan voer, sebaiknya burung pemakan serangga seperti Prenjak dan Cendet tetap diberi Ulat Kandang (UK) sebagai extra foodnya. Bahkan bagi Prenjak, UK merupakan makanan utama agar burung bisa bertahan hidup dalam rawatan manusia. Banyak sekali kicau mania pemula yang mengalami kesulitan dalam mempertahankan ketersediaan UK setiap hari bagi burung kesayangannya.


Padahal Menyimpan UK untuk burung prenjak sangatlah mudah, kira-kira seperti inilah caranya :
  • Taruh atau letakkanUK yang baru anda beli dari pasar burung ke wadah yang terbuka lebar, pada setiap sisi wadah harus licin, misalkan terbuat dari kayu maka pada setiap sisi dalamnya harus diberi lakban, namun bila wadah yang anda gunakan adalah berbahan plastik atau seng maka hal itu tidak perlu dilakukan. 
  • Hindari pembelian UK dalam jumlah banyak dan dimasukkan plastik, karena sampai di rumah UK bisa mati kehabisan nafas.
  • UK membutuhkan wadah yang terbuka agar mendapatkan udara yang cukup, Populasi yang pada dalam suatu wadah bila wadah UK tidak terbuka akan mengakibatkan UK mati atau busuk.
  • Agar bisa bertahan hidup, UK harus diberi makan, adapun makanan untuk UK adalah ketela, singkong, nasi dan dedak atau voer.
  • Musuh UK adalah Semut,  untuk itu anda harus menempatkan wadah UK ditempat yang aman dari jangkauan semut, yaitu dengan cara menggantung, gantungan juga harus diberi oil agar semut tidak bisa datang. 
  • Agar UK dimalam hari tidak diserbu sama Cicak, sebaiknya diatasnya menggunakan penutup jaring-jaring agar UK bisa bernafas dan Cicak tidak bisa masuk.

Dengan penyimpanan yang baik dan UK diberi makan berarti anda telah berusaha menyediakan pakan bagi burung prenjak, sehingga prenjak akan hidup lebih lama dan rajin berkicau sepanjang hari. Semoga artikel Cara Menyimpan Ulat Kandang bagi Prenjak ini berguna. Perlu di ingat bahwa satu hari saja burung tidak memakan UK burung prenjak akan stress. 

salam prenjak mania by Kissawa


0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2010 info burung. All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates l Home Recordings l Studio Rekaman