Sunday, May 18, 2014

Cara Melatih Tledekan Makan Voer

Burung Tledekan merupakan burung pemakan serangga, sehingga makanan pokok burung bakalan Tledekan adalah serangga kecil seperti Ulat Kandang, Kroto maupun Jangkrik. Namun karena ketersediaan pakan serangga ini terkadang sulit dan harganya naik turun maka akan lebih baik bila burung Tledekan mau mengkonsumsi Voer sebagai makanan lain agar burung merasa kenyang dan mendapatkan nutrisi yang cukup.

Perlu di ingat juga, meskipun burung tledekan telah mau makan voer, namun kebutuhan serangga harus tetap diberikan dalam jumlah tertentu, karena bila tidak diberi serangga burung predator dan burung petarung ini akan merasa kurang puas dan tubuhnya kurang fit. Untuk porsi dan waktu pemberian makanan serangga (EF) silahkan dibaca pada artikel Kissawa pada Perawatan Burung Tledekan.

Khusus  untuk anda yang baru memiliki burung tledekan bakalan, berikut ini saya ingin membagikan tips Cara Melatih Tledekan Makan Voer :

Setelah melalui masa pra kondisi maka lakukanlah terapi latihan berikut ini :

Melatih dengan Ulat Kandang (UK)
UK merupakan makanan favorite burung pemakan serangga bakalan, yang bisa dibeli dengan harga yang murah dan ketersediaannya cukup banyak dipasaran. Agar burung bakalan mau makan voer, berikanlah UK yang dicampur dengan Voer setiap hari. Namun dari hari ke hari jumlah UK yang dicampurkan selalu dikurangi porsinya sampai burung bisa makan voer, karena dalam keadaan terpaksa burung Tledekan akan makan Voer meskipun dalam waktu yang tidak tentu.

Melatih dengan Kroto
Melatih burung bakalan seperti Tledekan agar mau makan voer paling cepat dan mudah adalah dengan mencampurkan kroto dengan voer yang dibasahi, aduk sampai rata kemudian berikan pada burung, setiap hari jumlah kroto dikurangi sampai burung mau makan voer yang basah, setelah mau makan voer basah maka lama kelamaan burung akan mau makan voer kering. Sayangnya cara ini punya kelemahan, dimana adonan campuran kroto+voer basah cepat basi sehingga anda harus menggantinya disiang hari dengan adonan baru agar burung tidak sakit.

Itulah dua cara melatih Tledekan biar mau makan voer, lakukanlah dengan hati hati dan penuh kesabaran, karena kasih sayangmu itulah yang membuat burung Tledekan bisa jinak dan gacor dikemudian hari.

Selamat Mencoba....

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2010 info burung. All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates l Home Recordings l Studio Rekaman