Thursday, January 23, 2014

Tips Memelihara Burung Kenari di Musim Hujan

Datangnya  musim  hujan menjadi keluhan bagi para Kicau Mania Kissawa dan Kenari Mania di mana pun berada karena performance burung menurun dan nyaris tidak berkicau karena kurang panas dan cuaca yang kerap berubah. Menurut saya memelihara burung di musim penghujan memang berbeda dengan di musim kemarau karena burung yang kurang panas akan mengembangkan bulu dan lebih banyak diam, untuk itu kali ini saya ingin berbagi Tips memelihara burung di musim hujan, terutama burung kenari.

Menurut litelatur yang pernah saya baca dimusim hujan yang lebih banyak mendung, lebih baik bila burung di full kerodong tapi resletingnya dibuka hal ini bertujuan agar burung tidak diterpa angin yang bisa menurunkan stamina dan kesehatan. Jangankan burung, manusia saja bila kena cuaca yang berubah-ubah bisa terserang pilek, nah kalau burung kenari kena pilek, bisa berabe tuh... sembuhnya susah.

Selain melindungi burung dengan kerodong, upaya lain yang perlu dilakukan adalah menaikkan Extra Fooding (EF), adapun EF yang cocok untuk burung kenari adalah Telur Puyuh dan Cede Kenari. sementara itu biji-bijian bisa diperbanyak biji sawinya yang berwarna hitam. Tujuan menambah porsi EF ini adalah agar burung merasa lebih hangat, stamina terjaga dan kesehatan terjaga.

Sedangkan EF untuk burung Prenjak, Gereja, Cendet, Kacer, Cucak Ijo, Teledakan bisa ditambahkan Jangkrik, kroto, Ulat hongkong, Ulat kandang dengan porsi yang lebih banyak daripada hari biasanya.

Saat musim hujan sebaiknya burung tidak dimandikan, seandainya matahari mulai memanas dan burung mandi sendiri biarkanlah, usahakan kotoran burung terus dibersihkan setiap hari sehingga saat dikerodong burung merasakan sangkar yang bersih dan burung akan terjaga kesehatannya.

Berdasarkan pengalaman saya, jika dimusim hujan burung tidak diberi Cede Kenari burung akan berkurang kicauannya, Sayuran dapat juga diberikan cukup seminggu 2 kali, selebihnya berikanlah Apel Merah agar vitamin burung tercukupi. 

Itulah Tips Memelihara burung di musim hujan yang dapat kami bagikan di KM Kissawa, semoga bermanfaat untuk anda sekalian.
Salam Kicau Mania...


0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2010 info burung. All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates l Home Recordings l Studio Rekaman